Tujuh Menit

Sudah beberapa bulan ini saya mengikuti HSI singkatan dari Halaqah Silsilah Ilmiah yang dibimbing oleh Ustadz Abdullah Roy. Pembahasan di halaqah ini semuanya tentang tauhid termasuk keimanan. Pembahasannya bertingkat-tingkat mulai dari yang dasar hingga yang kompleks. Sistemnya lewat whatsapp grup dan nantinya dikirim audio setiap hari.

Audio materi yang dikirimkan pasti hanya berkisar pada durasi 3 menit. Kalau dipikir-pikir, durasi itu sangat singkat. Tetapi pada kenyataannya, kenapa masih saja banyak anggota grup yang gugur. Oh iya, di halaqah ini juga ada sistem gugurnya tapi saya lupa bagaimana indikatornya. Yang jelas, kalau tidak mau gugur dan dikeluarkan dari grup, kita harus mengerjakan soal evaluasi setiap hari setelah  mendengar audio materi.

Audio materi akan dikirimkan pada pukul 06.00 WIB tetapi karena saya ada di zona WITA, berarti audio materi baru bisa saya buka pada pukul 07.00. Sedangkan soal ujian akan mulai dibuka pada pukul 16.00 WIB dan ditutup keesokan harinya pukul 14.00. Soal ujian harian hanya 2 buah setiap hari dan akan diberikan nilai yang bertingkat-tingkat pula mulai dari rasib yang mewakili angka nol dan mumtaz murtafi yang berarti jawabannya benar semua.

Soal ujian diakses melalui web HSI dan akan diperiksa oleh sistemnya, sehingga nilai ini akan terinput otomatis. Jadi, kalau kita melihat nilai pada rentang waktu pemeriksaan, maka nilai kita akan dibagi dengan evaluasi yang belum dikerjakan. Ini yang terkadang membuat nilai kita akan maqbul meskipun benar keseluruhan.

Di web HSI juga terdapat arsip tugas dan jawaban serta durasi waktu menjawab kita. Ini memudahkan kita melihat kebenaran pilihan jawaban kita sendiri. Kalau jawaban kita salah, maka jawabannya akan berwarna merah dan tersedia pilihan jawaban yang benar di bawahnya berwarna biru. Arsip tugas ini membantu kita untuk belajar dari kesalahan yang sudah dilakukan.

Kalau ditotal dari waktu mendengarkan audio hingga pengerjaan soal, kita akan menghabiskan waktu sekitar 7 menit. Waktu yang cukup singkat dibanding aktivitas lainnya. Kalau kita main hp 1 jam, waktunya tidak akan terasa tetapi, untuk waktu 7 menit mendengarkan materi dan mengerjakan soal rasanya berat sekali. Terkadang, saya pun lupa mengerjakaan soal. Jadi, saya siasati dengan cara tidak membuka grup materi sebelum evaluasi harian bisa diakses. Saya akan mendengarkan materi, sekaligus langsung mengerjakan soal supaya tidak terlupa lagi. 7 menit yang berharga karena dengan waktu itu, kita bisa mendapat ilmu dan mengamalkannya sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.