Apa Itu Self-Talk ?

Self-talk digunakan sebagai cara untuk mengganti pikiran negatif menjadi positif dan produktif, sehingga mengarahkan individu untuk mengontrol perilaku yang diharapkan. Self-talk mengarahkan individu untuk melakukan apa yang diperintahkan, sehinga jika self-talk dilakukan berulang-ulang, maka perilaku akan sesuai dengan harapan.

Istilah self-talk sama dengan self-instructionalinner speech yang dicetuskan oleh Vygotsky, self-statement dan inner talk. Istilah tersebut berbeda secara bahasa, tetapi memiliki konsep yang sama. Self-talk adalah serangkaian kata yang diucapkan pada diri sendiri dengan cara tertentu, sehingga terprogram ke pikiran bawah sadar dan dapat digunakan oleh setiap individu kapan saja.

Self-talk digunakan sebagai cara untuk menghapus dan mengganti pikiran negatif menjadi lebih positif dan produktif, sehingga mengarahkan individu untuk lebih baik dari masa lalunya dan mengontrol perilaku sesuai yang diharapkan. Self-talk adalah pembicaraan internal pada diri sendiri yang dapat diekspresikan dengan suara besar, perlahan, atau tanpa suara dan dengan itu, individu menafsirkan emosi dan pikiran, mengubah kepercayaan, mengajar diri mereka sendiri, atau memperkuat diri mereka sendiri.

Self-talk adalah fenomena yang terjadi pada setiap individu berupa monolog internal yang dapat memengaruhi kemampuan individu untuk mengatur pikiran. Self-talk adalah dialog internal diri individu yang menafsirkan perasaan dan persepsi, mengatur dan mengubah keyakinan, serta memberikan instruksi dan penguatan untuk diri sendiri.

Self-talk termanifestasi pada verbal yang berbentuk kata, pikiran maupun non verbal seperti senyum. Namun, pendapat lain mengemukakan bahwa self-talk tidak mencakup gerakan non verbal, tetapi hanya mencakup verbalisasi atau pernyataan yang ditujukan kepada diri sendiri.

Jadi, dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa self talk adalah pernyataan yang ditujukan kepada diri sendiri secara berulang-ulang dan memberikan pengaruh terhadap perasaan dan perilaku individu. Jika self-talk diucapkan bersifat positif, maka menghasilkan emosi dan perilaku individu yang positif pula.   

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.